berhenti mengecam kegelapan .. nyalakan lilin .

Ini negeri besar dan akan lebih besar. Sekedar mengeluh dan mengecam kegelapan tidak akan mengubah apapun. Nyalakan lilin, lakukan sesuatu :) #indonesiamengajar

Kamis, 13 Maret 2014

Hanya Karena Waktu Mereka Denganmu Sudah Selesai

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa ketika ada orang yang “pergi” dari kehidupan kita, baik itu sengaja maupun tidak sengaja, itu karena satu alasan: waktu mereka bersama kita telah selesai.
Saya pernah membaca ungkapan ini. Waktu itu saya sedang patah hati. Berat. Ketika mengalaminya, ada sedikit rasa untuk menyalahkan diri. Seakan orang yang “pergi” dari kehidupan saya adalah karena kesalahan saya dan saya selalu menyalahkan Tuhan kenapa mereka yang pergi tidak pernah berusaha bertahan agar tidak pergi ! saya benci jarak, saya benci dengan perpisahan yang hanya disebabkan oleh satu pihak !
Tetapi sepenuhnya bukan. mungkin ini yang dinamanya proses menuju dewasa. Saya termasuk orang yang percaya bahwa hidup adalah proses melakukan kesalahan dan belajar. Semoga kamu juga percaya itu.
Lalu ada waktu-waktu yang bawa saya untuk berpikir sejenak tentang lalu lalang kehidupan orang lain di dalam kehidupan saya sendiri. Konon ketika percaya bahwa, setiap orang bisa mengirimkan pesan kepada orang lain, kamu tidak akan bisa menolak untuk adanya “kehidupan” yang lain tadi.
Prosesnya kurang lebih seperti ini: bertemu, menjadi sahabat, (jika beruntung) jatuh cinta, (jika beruntung lagi) menjadi kekasih, dan (jika beruntung lagi) menjadi orang asing kembali.
Orang-orang itu datang. Kemudian “pergi.” Pada satu titik karena kamu manusia, kamu akan merasa kehilangan yang sangat dalam. Pergi tidurlah. Tidak perlu menangis. Percayalah ketika bangun pagi nanti, kamu akan menyadari satu hal: bahwa mereka “pergi” hanya karena waktu mereka denganmu sudah selesai. 

Hai kamu yang berencana untuk "pergi" jauh  , jangan lupa ingatkan saya dari jauh-jauh hari, ini sebuah proses (LAGI) untuk mengerti arti kehilangan :) beberapa tahun terakhir ini saya selalu dipisahkan dan akhirnya kehilangan ya semua berawal dari JARAK :) bukan bermaksud untuk egois tapi ya begini adanya .. saya lelah untuk selalu memulai kembali dr awal tanpa ada akhir yang pasti .. yasudah mari menghitung hari untuk itu . dan saya berharap hari itu tak akan pernah ada :* 


2 komentar: